Tips Menjaga Baterai Laptop Agar Lebih Tahan Lama

Tips Menjaga Baterai Laptop – Saat ini laptop sudah menjadi salah satu kebutuhan untuk membantu aktifitas keseharian anda, seperti pekerjaan, tugas kuliah, sekolah bahkan sering digunakan untuk hiburan.

Dengan pemakaian setiap harinya, tentu saja akan membuat daya tahan baterai menjadi menurun bahkan bisa membuat baterai anda bocor.

Untuk itu kami dari Indonesia Publisher akan membagikan beberapa tips agar bisa menjaga baterai laptop agar lebih tahan lama dan juga awet.

Salah satu kerusakan yang sering dialami laptop kita yaitu kerusakan pada baterai, baik itu pemakaian baterai yang cepat habis, bahkan ada juga baterai laptop yang sudah tidak terbaca lagi ketika menggunakan laptop. Jadi harus menggunakan charger agar laptop tetap menyala.

Hal ini terjadi kerena anda sebagai pemilik laptop mengabaikan beberapa hal penting yang dapat menjaga baterai laptop agar lebih tahan lama.

Tips Menjaga Beterai Laptop Agar Tahan Lama

Berikut ini tips menjaga baterai laptop lebih tahan lama yang kami kutip dari situs Dewa Ilmu :

Berhenti melakukan pengisian ketika baterai laptop sudah 100% full

Jangan terus melakukan pengisian ketika baterai laptop sudah mencapai 100%. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada baterai laptop anda. Dan juga membuat suhu pada laptop anda menjadi lebih panas.

Jangan mengisi baterai ketika baterai sudah habis, atau laptop mati total gara gara baterai habis.

Jangan mengisi baterai anda ketika baterai anda sudah kosong atau 0% hal ini dapat merusak sistem operasi (software) dan juga hardware yang ada dalam laptop anda.

Gunakan Charger Bawaan (Original)

Pastikan setiap melakukan pengisian harus menggunakan charger bawaan karena setiap charger memiliki daya wat yang berbeda-beda. Jika anda menggunakan charger lain hal ini dapat mengakibatkan aliran listrik yang masuk ke laptop menjadi tidak stabil. Dan dapat merusak komponen yang ada dalam laptop anda.

Perhatikan suhu laptop ketika melakukkan charger

Usahakan saat melakukan pengisian, suhu pada laptop anda tetap stabil. Hal ini akan membuat baterai anda dapat bertahan lebih lama.

Aktifkan mode power saver ketika baterai dibawah 20%

Saat anda sedang menggunakan laptop anda dan baterai sudah mencapai 20%, silahkan aktifkan mode power saver jika ada. Hal ini akan menjaga pemakaian baterai lebih lama.

Tutup aplikasi yang tidak diperlukan ketika anda menggunakan laptop anda.

Dengan menutup aplikasi yang tidak berguna saat anda menggunakan laptop anda dapat membuat daya tahan baterai semakin lama, kerena dapat mengurangi proses yang ada pada laptop anda.

Jangan menggunakan laptop ketika sedang mengisi Baterai.

Banyak dari kita, saat mengerjakan sesuatu pada laptop kita sering kali dengan charger yang masih terhubung. Hal ini dapat membuat baterai laptop menjadi lebih berkurang performanya.

Jika hal ini dilakukan secara terus menerus dapat membuat baterai anda bocor dan tidak dapat digunakan lagi.

Itulah beberapa tips yang kami dapat dari berbagai sumber.

Referensi : 6 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Hanya ingin berbagi informasi yang bermanfaat melalui sebuah tulisan di blog yang sederhana ini.

Tinggalkan komentar