Tentang Freelancer

Jika sobat Jobs-Internet bingung tentan apa sih itu freelancer? atau ingin informasi tentang freelancer. maka berikut ini informasi mengenai freelancer.
Sebagian orang memandang pekerjaan sebagai freelancer adalah pekerjaan yang mudah dan menyenangkan. Apakah teman-teman juga berpikir demikian ? Simak ulasan berikut ini..

Bekerja sebagai freelancer adalah salah satu cara untuk bisa bekerja dari rumah dan tidak terikat tempat kerja. Bebas menentukan kepada siapa kita akan bekerja, kapan kita mulai berkerja, dan kapan kita akan istrahat berkerja tanpa dimarahi oleh atasan kita.

Freelancer merujuk kepada seseorang yang menawarkan sejumlah jasa untuk mendapatkan komisi (penghasilan).
Tentunya sangat berbeda apabila di bandingkan dengan menjadi karyawan tetap di suatu perusahaan swasta. Jika Menjadi seorang karyawan, mau tidak mau dan harus mau terikat dengan satu pekerjaan di satu tempat dan dengan satu atasan atau bos yang tetap. dan terikat dengan kontrak kerja. Kalau ingin bekerja dengan bos yang lain ya harus resign dari pekerjaan yang lama.
Untuk Menjadi karyawan atau menjadi freelancer adalah pilihan yang bisa kita pilih.

Sebelum kita ingin menjadi Freelancer tentunya pertimbangkan dulu hal-hal di bawah ini :

Skill atau kemampuan

Saat kita memutuskan untuk menjadi pekerja lepas atau freelancer, kita harus melihat dulu apakah ada kemampuan atau keahlian yang bisa di tawarkan kepada klien.
Misalnya : kemampuan untuk membuat web design, illustrator, menulis artikel, pandai berbahasa asing, kemampuan akuntansi dan lain sebagainya.

Karena yang akan kita jual adalah kemampuan ini. Akan menjadi hal yang menggelikan apabila kita ingin bekerja freelance tetapi tidak mempunyai kemampuan yang bisa di jual. Tidak akan bisa menghasilkan apapun. Percayalah.

Tanggung jawab

Sebagai freelancer, kita bisa menerima beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Penting bagi seorang freelancer untuk bisa menyelesaikan pekerjaan atau job yang di terimanya tepat waktu, sesuai deadline yang di sepakati.

Jangan hanya mengejar berbagai macam job tetapi tidak mampu untuk menyelesaikannya. Itu hanya akan memberikan nilai buruk dari klien bisa sangat merugikan kredibilitas atau citra kamu sebagai freelancer.

Waktu fleksibel

Salah satu keuntungan bekerja sebagai freelancer adalah kita mempunyai waktu yang sangat fleksibel, tidak terpatok harus bekerja dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore seperti karyawan. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan, terutama bagi ibu rumah tangga.

Tidak terikat kontrak jangka panjang

Satu keuntungan lagi apabila kita memutuskan untuk menjadi seorang freelancer, kita  tidak akan terikat kontrak suatu pekerjaan untuk jangka panjang.

Biasanya, job seorang freelancer adalah mengerjakan satu proyek, selesai, mengerjakan proyek yang lain lagi, selesai dan begitu seterusnya. Jangka waktu pekerjaan seorang freelancer adalah deadline setiap proyeknya.

Di saat seorang freelancer sudah mempunyai keahlian yang semakin berkembang dan referensi yang baik, dia mempunyai hak penuh untuk memilih proyek yang lebih baik yang akan di kerjakan serta bisa memilih klien yang berkualitas.

Freelancer adalah Service

Sebagai seorang freelancer, selain harus mempunyai keahlian yang cukup, kita juga harus mempunyai attitude dan karakter yang baik. Mengapa ? Karena freelancer menjual jasa, dalam kata lain, kita menjual diri kita sendiri {awassss,,,, jangan berpikir yang bukan-bukan} untuk medapatkan penghasilan.

Seorang klien akan sangat senang apabila bekerja sama dengan seorang freelancer yang bukan hanya cakap tetapi juga mengetahui dengan tepat apa yang di inginkan klien untuk proyek tersebut, juga seorang freelancer yang mengutamakan service dan tidak hanya melihat besarnya komisi yang akan dia dapatkan.

Cakap mengatur keuangan pribadi

Pendapatan atau komisi yang kita dapatkan saat bekerja sebagai freelancer tidaklah sama dengan gaji yang di terima seorang karyawan setiap bulan.
Mungkin ada saat bulan ini kita memiliki jadual yang penuh job tetapi bulan selanjutnya hanya akan mengerjakan satu atau dua job saja.

Sadari bahwa hal ini adalah normal. Memang sih inginnya setiap bulan full dengan job tetapi sebagai freelancer kita tidak bisa memastikan hal tersebut kecuali kita adalah seorang freelancer profesional dan sangat terkenal.

Memilih untuk bekerja sebagai freelancer bisa menjadi salah satu opsi terutama untuk kita para ibu rumah tangga dan juga adik-adik yang baru lulus kuliah dan masih setia menunggu panggilan untuk wawancara kerja.
Sementara menunggu, bisa dong menggunakan waktu untuk mendapatkan uang sebagai freelancer. Asalkan ada kemampuan dan keahlian yang bisa di tawarkan ya..

Hal yang paling sulit bagi seorang fresh graduate adalah mendapatkan pekerjaan pertamanya. Mengapa ? Karena perusahaan akan lebih memilih calon karyawan yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Belum ada penilaian

Rating Artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *