Penjelasan Lengkap Mengenai Aqiqah Menurut Islam

Pengertian Aqiqah – aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah kepada allah SWT ketika kita sebagai orang tua khususnya seorang ibu yang baru saja melahirkan bayi baik laki-laki maupun perempuan.

Bayi merupakan titipan allah SWT kepada kita sebagai orang tua, sedangkan perjuangan seorang ibu untuk melahirkan anaknya butuh pengorbanan pada posisi antara hidup dan mati.

Oleh karena itu salah satu bentuk rasa syukur kepada allah SWT ketika bayi selamat ketika dilahirkan ialah dengan cara mengaqiqahkan anak yang baru lahir tersebut. Lalu apa arti dari aqiqah tersebut? Berikut ini penjelasan lengkap tentang aqiqah menurut islam

Pengertian Aqiqah

Aqiqah menurut islam
Aqiqah

Aqiqah berasal dari kata bahasa arab yang artinya pemotongan atau penyembelihan binatang ternak pada anak yang baru lahir ketika sudah beranjak hari ke tujuh sebagai rasa syukur kepada allah SWT dengan syarat tertentu sesuai dengan syariat islam.

Sedangkan menurut sunnah Rasulullah SAW, untuk anak laki-laki yang baru lahir melakukan penyembelihan dengan 2 ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan cukup dengan melakukan penyembelihan 1 ekor kambing saja.

Artinya  : “ Dari Aisyah, ia berkata, “Rasulullah telah menyuruh kita agar menyembeli aqiqah untuk seorang laki-laki dua ekor kambing dan untuk seorang anak perempuan satu ekor kambing”.

Hukum Aqiqah

menurut sebagian besar ulama hukum aqiqah merupakan sunnah muakadah bagi orang tua yang mampu melaksanakannya. Sedangkan ada juga ulama yang mengatakan aqiqah wajib dilakukan.

pada hari ketujuh saat kelahiran anak tersebut rambutnya dicukur dan diberi nama yang baik. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW :

Artinya  : “Dari samura r.a., sesungguhnya Rasulullah saw telah bersabda, “Setiap anak yang baru lahir tergadai dan ditebus dengan aqiqah yaitu disembeli aqiqah itu untuknya pada hari ketujuh lalu dicukur dan diberi nama“.

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Menurut islam, ketika anak kita lahir, pada hari ketujuh kita sebagai orang tua bisa melakukan penyembelihan binatang ternak untuk mengaqiqahkan anak kita sesuai dengan syariat islam.

Apabila hari ketujuh tersebut tidak dapat dilaksanakan, anda dapat mengulangnya pada hari ke 14 atau pada hari ke 21. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadist.

Artinya : “ Dari Abdullah bin Buraidah dari ayah Nabi saw., sesungguhnya Nabi telah bersabda, “Aqiqah itu disembeli pada hari ke tujuh, atau empat belas atau kedua puluh satu”.

Binatang Ternak Yang Diperbolehkan Untuk Aqiqah

Binatang ternak untuk aqiqah adalah dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan.

Ketentuan syarat ternak yang digunakan untuk aqiqah sama dengan ketentuan dan syarat binatang qurban yakni cukup umur dan terhindar dari cacat fisik.

Itulah penjelasan lengkap tentang aqiqah menurut islam. Jika anda orang tua yang cukup sibuk, dan ingin melaksanakan acara aqiqah untuk anak anda. Anda juga bisa menyewa Jasa Aqiqah agar memudahkan kegiatan anda.

Berikut ini layanan jasa Aqiqah yang berlokasi di tangerang yang dapat anda coba.

Jasa Aqiqah

Nur Aqiqah merupakan tempa terbaik untuk pesan paket aqiqah yang berlokasi di jakarta. Dengan pengalaman yang sudah lebih dari 5 tahun, dapat membantu anda menyediakan paket aqiqah yang cukup murah dan berkualitas. Banyak paket aqiqah yang disediakan dengan harga murah.

Sampai disini dulu artikel kali ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Hanya ingin berbagi informasi yang bermanfaat melalui sebuah tulisan di blog yang sederhana ini.

Tinggalkan komentar