Syarat Google Adsense khusus blog

Google Adsense merupakan layanan milik google yang sangat berguna untuk publisher agar bisa menghasilkan uang secara online dengan cara mengembangkan aplikasi, game android atau dengan menjadi content creator baik blogger, maupun youtubers dan memonetize aplikasi, situs/blog atau video mereka di layanan Google AdSense.

Saat ini banyak sekali pertimbangan untuk bergabung menjadi publisher di google adsense baik untuk blog, youtube, maupun admob.

Semakin sulitnya untuk bergabung agar bisa menjadi mitra google AdSense dan bisa menghasilkan uang melalui internet tentunya akan menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang ingin bergabung dengan Google Adsense.

Dengan banyaknya publisher yang sudah berhasil dan berpenghasilan ratusan juta rupiah perbulan hanya melalui google adsense, maka tidak heran banyak pula yang ingin bergabung agar bisa diterima oleh pihak google untuk menampilkan iklan di blog maupun video dan juga di aplikasi mereka.

Banyak aturan-aturan baru yang dibuat oleh pihak google, agar mitra dan juga pengiklan saling menguntungkan.

Hal ini tentu saja akan berdampak bagi para pemula khususnya yang baru terjun dibisnis online dan yang baru belajar membuat blog.

Untuk itu, kami dari Indonesia Publisher akan membagikan informasi penting sebagai syarat agar bisa diterima dan menjadi mitra Google Adsense khususnya untuk para blogger pemula yang baru terjun di dunia bisnis online.

Persyaratan Google Adsense Khusus Blog

Syarat Google Adsense khusus blog
Aturan & Kebijakan Google Adsense untuk blog

Untuk berpartisipasi dalam Program Google AdSense khususnya blog, Anda harus memenuhi persyaratan kelayakan berikut ini

Usia Blog

Pastikan sebelum mendaftar situs atau blog anda menggunakan layanan AdSense usia blog anda minimal 3 bulan atau 6 bulan. Aturan ini sebenarnya secara default ada pada platform blogger.

Anda dapat melihat menu “Penghasilan” jika blog anda aktif dan sudah berumur lebih dari 3 bulan.

Tampilan Blog Responsive

Sebelum anda mengajukan untuk mendaftar di google adsense, pastikan tampilan blog anda responsive dan juga kecepatan situs anda tidak berat. Google juga akan menilai navigasi situs anda kalau mudah diakses oleh pengunjung.

Halaman Privacy Pada Blog

Usahakan blog anda mempunyai halaman privacy yang memberitahukan informasi apa saja yang anda kumpulkan dari pengunjung dalam blog anda.

Konten Original

Saat membuat sebuah artikel dalam blog, usahakan isi konten harus original atau buatan anda sendiri. jika ingin melakukan copy paste harus ijin dan edit terlebih dahulu Copy Writer sebelum di publish dan menyertakan link sumber artikel tersebut.

Konten Berkualitas

Saat membuat sebuah konten, usahakan isi dari artikel tersebut berkualitas dan bermanfaat untuk pengunjung. Banyak para blogger yang membuat konten hanya fokus untuk mesin pencari dengan disisipi banyak keyword yang menjadi sulit mengerti oleh pengunjung.

Konten Harus Sesuai Kebijakan AdSense

Pastikan setiap konten yang anda buat tidak melanggar kebijakan yang ada dalam Google AdSense. Untuk penjelasan lengkap soal kebijakan Google AdSense dapat anda klik pada link berikut ini

https://support.google.com/adsense/answer/48182

Anda harus selalu mengecek link diatas setiap saat jika terdapat perubahan kebijakan Google AdSense.

Minimal Usia 18 Tahun

Saat ingin menjadi Mitra Google AdSense, minimal usia anda 18 tahun, Hal ini tentunya saat anda diterima sebagai mitra, anda harus mengupload indentitas anda berupa KTP, SIM atau Passport sebagai persyaratan Google Adsense.

Minimal Visitor Blog sudah Ratusan Parhari

Sebenarnya visitor blog tidak menjadi acuan sebagai persyaratan utama untuk melakukan pendaftaran di google AdSense, tapi jika visitor blog anda perhari masih dibawah 100 dan sudah diterima sebagai mitra publisher maka akan sangat sulit untuk anda mengumpulkan uang di AdSense.

Jadi, saran kami sebelum mengajukan pendaftaran AdSense pastikan blog anda sudah mempunyai visitor tetap perharinya.

Mungkin itu dulu persyaratan Google AdSense khusus blog, agar bisa cepat diterima sebagai mitra publisher.

Baca Juga : Panduan Belajar Google AdSense Untuk Pemula

Kebijakan AdSense Untuk Pemula

Setelah anda diterima saat melakukan pengajuan pendaftaran Google AdSense, berikut ini beberapa kebijakan dan aturan yang sering dilanggar oleh publisher pemula dan harus anda patuhi agar akun adsense anda tidak dibanned oleh pihak google.

Satu Akun Google AdSense

Pastikan anda hanya memiliki 1 akun google AdSense saja. Dalam aturan kebijakan Google AdSense sudah jelas setiap publisher hanya bisa memiliki 1 akun google AdSense.

Jika anda mempunyai banyak blog, cukup tambahkan situs blog pada akun AdSense yang anda miliki tanpa harus membuat akun adsense yang baru.

Klik Iklan Sendiri

Jangan pernah mencoba untuk melakukan klik iklan sendiri pada situs anda walaupun anda sangat penasaran dengan iklan yang muncul pada blog anda. Google secara otomatis akan melakukan pengecekkan publisher yang ‘nakal’ dengan melakukan klik iklan sendiri.

Biasanya klik iklan sendiri akan masuk ke dalam laporan invalid traffic setiap bulannya, ada juga sebagian langsung di banned oleh pihak Google AdSense.

Lalu lintas Situs Blog

Pastikan sumber traffic pada situs atau blog anda original dari pengunjung yang ingin membaca artikel yang ada pada blog anda, Google sangat melarang menggunakan auto traffic untuk mendatangkan pengunjung pada blog anda.

Hal ini dapat menyebabkan akun Adsense anda di banned oleh pihak google.

Lokasi Iklan

Pastikan lokasi iklan yang ada dalam blog anda tidak membuat pengunjung secara tidak sengaja mengklik iklan tersebut. Hal ini tentunya jadi pelanggaran kebijakan Adsense.

Usahakan lokasi iklan pada blog anda strategis dan mudah dilihat oleh pengunjung.

Jangan gunakan iklan floating ads yang secara tidak sengaja diklik oleh pengunjung. Dan jangan menggunakan lokasi iklan yang menutupi konten pada blog anda.

Layanan iklan

Jika anda menggunakan layanan iklan selain google AdSense pastikan iklan yang tampil pada situs anda tersebut sesuai dengan kebijakan google Adsense.

Memang ada beberapa layanan iklan yang support untuk tampil dengan iklan google AdSense, misalnya iklan mgid atau adcash.

Tapi ada beberapa iklan yang menampilkan konten dewasa dan juga iklan yang mengarah ke situs yang tidak sesuai dengan kebijakan google AdSense.

Dilarang juga menampilkan iklan pop ads, popunder dan lainnya yang dapat mengganggu kenyamanan pengunjung blog anda.

Baca Juga : Tips Aman Agar Akun AdSense Blog Tidak Di Banned

Sampai disini dulu artikel kali ini, semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada belum jelas silahkan tinggalkan komentar anda dibawah. Terimkasih