Panduan Belajar Google Adsense Bagi Pemula

Panduan Google Adsense – Tujuan artikel ini dibuat, agar para pembaca yang baru terjun di dunia bisnis online terutama ingin belajar tentang adsense dapat memahami artikel yang kami buat tentang “Panduan Belajar Google Adsense Bagi Pemula”. Penjelasan untuk artikel dibawah ini dibuat mudah untuk dibaca dan dipahami oleh kalian.

Bagi Sebagian Publisher mungkin sudah tahu apa itu Google adsense? dan Manfaat Dari Google adsense untuk para publisher? Tapi untuk yang baru terjun dalam dunia internet marketing atau publisher tentunya bingung tentang pertanyaan tersebut.

Sudah banyak publisher yang bergabung dengan google adsense mendapatkan passive income dari akun adsense mereka. Dengan pendapatan berbeda-beda untuk sebagian publisher tentunya hal ini sangat menarik untuk diperlajari.

Sesuai dengan judul artikel kali ini “Panduan Belajar Google Adsense Bagi Pemula” maka kami dari Indonesia Publisher akan membahas secara lengkap panduan tersebut dari A sampai Z.

Apa Itu Google Adsense.

Apa itu google adsense? mungkin sebagian dari kita yang baru terjun dalam dunia bisnis online tentunya  belum mengetahui apa itu google adsense? dan apa manfaat google adsense untuk mereka? maka pada kesempatan kali ini kami dari penulis indonesia publisher akan menjelaskan secara singkat tentang apa itu google adsense? Google adsense adalah program layanan yang disediakan oleh google untuk jasa periklanan.

Google Adsense merupakan layanan yang disediakan oleh google untuk para publisher baik untuk content creator (blog), atau video creator (youtubers) dan juga game developpers (android developpers) untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditampilkan pada channel youtube atau pada blog dan juga aplikasi atau game android yang kita buat.

Panduan Google Adsense
Panduan Google Adsense

Panduan Google Adsense

Berikut ini tutorial panduan google adsense bagi pemula.

Apa Perbedaan Google Adsense Hosted dengan Non Hosted.

Google adsense memiliki dua jenis perbedaan, yakni adsense hosted sama adsense non hosted. Untuk adsense hosted kita mendaftar  melalui mitra google seperti blogger.com atau melalui youtube.com dan iklan hanya bisa ditampilkan pada mitra google tersebut. sedangkan untuk non hosted kita mendaftarkan melalui blog yang memiliki domain TLD dan untuk adsense non hosted iklan bisa tampil pada semua website yang akan kita daftarkan baik mitra blogger.com atau menggunakan blog yang memiliki self hosting sendiri. untuk penjelasan lengkapnya ada pada artikel kami sebelumnya tentang “Perbedaan Adsense Hosted Sama Adsense Non Hosted“.

Cara Upgrade Akun Google Adsense Hosted Ke Non Hosted.

Jika anda memiliki akun adsense hosted dan ingin melakukan upgrade ke non hosted pastikan anda sudah mempunyai blog yang memiliki visitor yang cukup. dan juga pastikan artikel yang ada pada blog tesebut buatan sendiri tidak copy paste karena pihak google akan melakukan review ulang situs yang akan kalian daftarkan untuk upgrade akun adsense ke non hosted.

Memang untuk memiliki akun adsense non hosted sangat sulit untuk didaftarkan atau diupgrade. jika anda ingin melakukan upgrade akun non hosted silahkan ke artikel kami sebelumya tentang “Cara Upgrade Akun Adsense Hosted Menjadi Adsense Non Hosted“.

Cara Mendaftar Google Adsense.

Jika anda baru pertama kali mengenal tentang adsense. dan ingin mendaftar untuk menjadi publisher di google adsense, pastikan anda telah membaca peraturan dan persyaratan dari google adsense. hal ini bertujuan agar anda sebagai publisher mampu memahami aturan-aturan yang diberikan google adsense.

Jika anda telah membaca aturan yang diberikan oleh google adsense silahkan tentukan cara anda untuk mendapatkan penghasilan dari google adsense.

Banyak cara untuk mendaftar ke google adsense contohnya melalui channels youtube atau melalui blog baik self hosting atau dari mitra blogger.com atau juga dengan membuat aplikasi atau game dan didaftarkan melalaui admob.

Jika anda mendaftarkan melalui admob atau blog self hosting atau mitra blogger.com dan permintaan pendaftaran anda diterima oleh google adsense, silahkan masukan kode iklan anda pada halaman blog atau pada aplikasi android yang anda buat. Jika iklan telah ditempatkan dengan benar maka pada dashboard adsense anda mulai menghitung semua tampilan iklan maupun klik iklan yang terjadi pada blog atau aplikasi android anda.

Jika anda mendaftarkan melalui youtube pastikan anda sudah sesuai persyaratan yang diberikan oleh youtube untuk memonetize channels youtube anda dengan adsense.

Cara Verifikasi PIN Google Adsense.

Setelah proses pendaftaran selesai pastikan pada akun adsense anda mengisi alamat lengkap yang sesuai dengan yang ada pada identitas anda (KTP). kerana jika akun adsense anda telah mencapai ambang pembayaran maka pihak google akan mengirimkan surat yang berisikan PIN yang akan anda masukan pada akun adsense anda.

Proses pengiriman PIN memakan waktu 3 sampai dengan 4 minggu. tergantung alamat yang anda berikan. Jika PIN yang dikirimkan oleh pihak google adsense tidak sampai ke alamat anda. anda bisa mengirimkan ulang, batas pengiriman PIN hanya sampai 3x. jika sudah sampai 3x maka anda harus memverifikasi adsense anda menggunakan scan KTP.

Jika anda tidak melakukan hal tersebut iklan anda tidak akan ditampilkan dan akun adsense anda akan diblokir.

Cara Verifikasi Identitas Di Google Adsense.

Dengan adanya peraturan baru pada awal tahun 2018 maka google adsense saat ini harus melakukan verifikasi identitas diri sesuai dengan profil yang anda daftarkan pada google adsense. Verifikasi identitas diminta saat anda mencapai ambang pembayaran sama seperti verifikasi PIN.

Anda bisa melakukan verifikasi identitas jika PIN belum sampai pada tempat anda. atau bisa juga dengan menunggu sampai PIN sampai kealamat anda.

Untuk verifikasi identitas bisa menggunakan KTP, PASSPORT, atau SIM dengan mengirimkannya ke formulir yang disediakan dalam bentuk gambar. Usahakan gambar yang akan anda kirim jernih tidak buram, atau hasil fotonya tidak goyang.

Jika gambar identitas yang anda kirimkan tidak disetujui, anda memiliki kesempatan hanya sampai 3x untuk mengirimkan identitas diri anda tersebut.

Bisa juga dengan melakukan scan terlebih dahulu, lalu hasil scan tersebut dikirimkan ke formulir yang disediakan.

Batas waktu untuk mengirimkan identitas selama 4 bulan saat ambang batas pembayaran telah terpenuhi. Jika lebih dari 4 bulan anda tidak mengirimkan identitas anda, maka iklan yang ada pada blog atau juga aplikasi yang terkait dengan admob anda akan berhenti menampilkan iklan.

Mungkin ini sedikit tips jika identitas yang anda kirim gagal diverifikasi tapi form untuk mengirimkan telah hilang. jika hal itu terjadi anda bisa ke halaman berikut: https://pay.google.com/payments/

Silahkan masuk ke menu alamat, jika terdapat form untuk memasukan identitas silahkan masukan identitas anda.

Cara Verifikasi No Rekening Di Google Adsense.

Memang untuk mendaftar menjadi publisher di google adsense sangat rumit, dengan banyak aturan yang dibuat dan cara untuk mendapatkan pembayaran pertama dari google adsense harus verifikasi PIN, verifikasi identitas dan terakhir verifikasi No rekening.

Jika semua telah anda penuhi maka tinggal menunggu saldo anda mencapai Rp.1.300.000;- untuk mendapatkan penghasilan pertama dari google adsense.

Terus bagaimana cara untuk verifikasi no rekening di google adsense? untuk verifikasi ini sangat mudah, asalkan anda mempunyai no rekening sendiri atau milik kakak anda, bisa juga milik orang tua anda. silahkan masuk ke menu payment atau pembayaran yang ada pada akun adsense anda. Terus pilih “Tambahkan Metode Pembayaran”

  • Masukan nama yang sesuai dengan rekening yang akan anda gunakan,
  • Pilih nama bank yang sesuai dengan rekening.
  • Masukan no rekening.

setelah anda memasukan data-data tersebut, silahkan tunggu 2 sampai 3 hari, setelah itu cetak buku rekening anda untuk melihat 3 digit angka yang dikirmkan oleh google pada no rekening tersebut. Google akan mengirimkan uang dibawah Rp.1000;- untuk verifikasi no rekening tersebut. Jika terdapat transaksi dibawah Rp.1000;- masukan angka tersebut pada akun adsense anda.  

Peraturan Dan Persyaratan Google Adsense.

Jika anda telah terdaftar sebagai publisher di google adsense, dan telah melakukan semua verifikasi yang diminta oleh google adsense, ada baiknya anda selalu membaca aturan dan persyaratan google adsense agar akun adsense anda bisa bertahan lama, Pastikan juga anda selalu mengikuti aturan yang diberikan oleh pihak google adsense. Berikut ini poin penting tentang peraturan dan persyaratan google adsense :

  • Klik dan tayangan tidak valid
  • Mendorong klik atau tampilan (inventaris non-reward)
  • Kebijakan konten
  • Pengalaman yang menyesatkan pengguna
  • Inventaris resmi (ads.txt)
  • Materi yang dilindungi hak cipta.
  • Barang palsu.
  • Sumber traffic pada situs tertentu.
  • Perilaku iklan.
  • Penempatan iklan.
  • Perilaku situs.

Untuk penjelasan lengkap setiap point yang ada diatas silahkan ke link berikut: https://support.google.com/adsense/answer/48182

Solusi Agar Akun Google Adsense Tidak Dibanned.

Memang untuk menjaga akun adsense agar bisa bertahan lama sangat sulit untuk pemula apalagi yang tergiur dan ingin cepat-cepat merasakan gajian pertama dari google adsense. Banyak sekali di groups blogger yang berada di social media misalnya facebook mencari jalan pintas untuk meningkatkan earnings pada akun adsense mereka. mulai dari saling tukar link dan klik ads. atau menggunakan software atau tools untuk merubah IP dan mengklik iklan sendiri. Hal ini tentunya sangat tidak disarankan untuk dilakukan.

Solusi yang dapat kami berikan ialah hanya dengan mengikuti aturan yang diberikan oleh google adsense dan selalu update informasi perubahan kebijakan google adsense. caranya dengan melakukan subscribe channel Google Adsense atau mengikuti blog resmi Google Adsense. dengan berlangganan channels atau blog resmi maka anda akan cepat mendapatkan pemberitahuan tentang fitur baru atau kebijakan baru.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Bermain Google Adsense

Banyak sekali kesalahan yang sering dilakukan oleh publisher pemula yang baru terjun di google adsense contohnya :

  • Sering klik iklan sendiri.
  • Menggunakan tools VPN untuk klik iklan.
  • Saling tukar link dan klik iklan (BW + Ads).
  • Menggunakan Floating Ads.
  • Melanggar hak cipta.
  • penempatan iklan yang salah.
  • Menggunakan layanan iklan lain yang digabungkan dengan Google Adsense.
  • sering sebar link blog sembarangan.

Untuk anda publisher yang sering menggunakan cara tersebut silahkan hilangkan agar akun adsense anda bisa bertahan lama.   Mungkin sampai disini dulu artikel kali ini, jika artikel yang kami berikan bermanfaat jangan lupa share, atau jika ada koreksi atau belum paham dengan penjelasan diatas silahkan tinggalkan komentar dibawah.

5/5 (2)

Rating Artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *