Gaya Hidup Digital Dapat Merugikan?

Digital Lifestyle – Tanpa kita sadari saat ini setiap orang menerapkan gaya hidup mereka secara digital. Bisa jadi pencetus gaya hidup digital saat ini diperkenalkan oleh Bill Gates yang menganggap dapat memudahkan semua aktifitas seseorang.

Gaya Hidup Digital Dapat Merugikan?

gaya hidup digital
Gaya Hidup digital

Semua proses yang awalnya susah dan cukup berbelit belit, sekarang menjadi lebih sederhana dengan adanya gaya hidup digital. Hanya dengan menggunakan gadget dan juga konektivitas internet semua sangat mudah diselesaikan.

Walaupun semua terlihat sangat mudah, bukan berarti hal ini tidak memiliki kekurangan. Jika anda perhatikan, gaya hidup digital saat ini justru membuat anda menjadi lebih boros dalam mengatur kehidupan keseharian anda. Mengapa hal ini bisa terjadi? Berikut ini penjelasannya, kami dari Indonesia Publisher mengumpulkan beberapa informasi dari berbagai sumber.

Berselancar Di Dunia Maya Sampai Lupa Waktu

Kebanyakan orang saat ini berselancar di dunia maya hanya sekedar mencari informasi terbaru atau hanya melihat postingan yang ada di media social mereka, hal ini sudah menjadi semacam kebutuhan yang sangat sulit untuk dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Rasanya tidak akan lengkap keseharian anda jika dalam satu hari tidak bisa buka media sosial atau sekadar mencari informasi pada mesin pencarian Google. Apabila dibiarkan, hal ini tentu bisa menjadi sebuah kebiasaan yang merugikan.

Berlangganan Aplikasi Yang Berbayar

Bagi anda yang memiliki aktifitas atau kesibukan tinggi tentu saja perlu hiburan. Dengan adanya hiburan bisa membuat pikiran anda bisa berpikir secara positif dan juga membuay anda jauh dari kejenuhan karena padatnya aktifitas harian yang anda lakukan. Di era digital saat ini anda bisa mendapatkan hiburan melalui layanan yang ada pada gadget anda.

Terdapat beberapa layanan digital yang populer yang bisa menghibur anda, seperti layanan film streaming Netflix atau layanan music seperti Spotify.

Tentu saja dengan mengakses semua layanan tersebut anda diharuskan membayar biaya berlangganan agar bisa mengakses semua hiburan yang ada.

Hal ini tentu saja dapat merugikan pengeluaran tiap bulan anda. Karena aplikasi untuk hiburan tidak selalu anda akses setiap harinya. Hanya pada waktu waktu tertentu anda menggunakan aplikasi hiburan tersebut.

Bermain Game Online

Saat ini game online sudah sangat berkembang dan banyak peminatnya di indonesia. Yang dulunya game online hanya bisa diakses melalui komputer saja, tetapi saat ini bisa diakses melalui gadget atau smartphone.

Dengan adanya kemudahan ini tanpa disadari membuat keinginan bermain game online dapat membuat kita menjadi kecanduan. Apalagi saat bermain game banyak promo yang disediakan agar kita melakukan top up pada game tersebut.

Jika anda termasuk dalam kategori ini, sudah berapa lama anda memainkan game kesukaan anda? Sudah berapa lama waktu yang terbuang percuma? Sudah berapa rupiah yang anda habiskan dalam game tersebut?

Belanja Online

Belanja online sudah menjadi gaya hidup digital yang cukup populer saat ini. Banyak toko konvesional perlahan mulai ditinggalkan, kerena menganggap toko online lebih praktis dan efisien. Memang keunggulan toko online ialah semua produk tersedia dan lebih lengkap.

Dengan adanya kemudahan dalam berbelanja online dan juga harga produk yang terjangkau dapat membuat anda menjadi lebih boros dalam berbelanja keseharian anda bahkan barang yang tidak terlalu penting bisa anda beli hanya dengan melihat gambar produk yang ditampilkan.

Kesimpulan

Gaya hidup digital memang dapat memudahkan kehidupan keseharian anda, tetapi hal tersebut harus diimbangi agar tidak merugikan waktu atau finansial anda. Manfaatkan teknologi yang ada saat ini tetapi jangan anda yang dimanfaatkan oleh teknologi yang ada saat ini.

Hanya ingin berbagi informasi yang bermanfaat melalui sebuah tulisan di blog yang sederhana ini.

Tinggalkan komentar