Belajar Algoritma Google Search Engine

Indonesia Publisher – Mesin pencari atau biasa disebut dengan Search Engine adalah contoh utama dari teknologi yang memiliki algoritma rahasia yang setiap tahun terus berubah ubah dan di perbaharui.

Untuk satu frasa khas yang diketik dalam mesin pencari akan ada jutaan bahkan puluhan juta hasil yang menampilkan halaman web relevan yang mengandung frasa tersebut.

Mesin pencari akan memilih 10 hasil teratas dari jutaan website yang ada untuk ditampilkan kepada pengunjung agar mendapatkan sebuah solusi atau masalah yang dicari oleh pengunjung tersebut

Algoritma mengubah satu set jutaan, halaman website untuk menjadi beberapa halaman teratas yang akan dilihat oleh pengunjung.

Mesin Pencari terutama Google menjadi salah satu aspek penting untuk menarik pelanggan secara online, Jika seseorang mencari sesuatu, dan website anda tidak masuk kedalam 10 pencarian teratas dalam search engine, maka dapat menyebabkan bisnis anda rugi.

Disinilah layanan optimisasi untuk mesin pencari (search engine optimation / SEO) muncul khususnya untuk mesin pencari Google.

Strategi Ahli SEO

Berbagai cara dilakukan oleh ahli SEO, dalam menyediakan layanan untuk melakukan optimasi website orang lain dengan mencoba untuk merekayasa cara kerja algoritma dari mesin pencari agar website client mereka bisa tampil di halaman teratas mesin pencari.

Untuk mencegah manipulasi ini, para pakar menjaga kerahasiaan cara kerja algoritma mesin pencari tersebut.

Algoritma ini akan terus diperbarui untuk menutupi celah setiap teknik baru yang ditemukan oleh para ahli SEO yang berusaha merekayasa atau “mengakali” mesin pencari tersebut.

Untuk mesin pencari raksasa yakni Google akan menilai lebih dari ratusan faktor yang berbeda beda. Salah satu faktor terpenting ialah tautan dari halaman website lain.

Misalnya, website yang memiliki banyak tautan dari halaman website orang lain atau biasa kita sebut dengan kata Backlink akan mendapatkan reputasi yang dapat meningkatkan kemungkinan menjadi hasil pencarian teratas untuk website tersebut.

Jadi, para ahli SEO akan memainkan sistem ini dengan strategi membuat situs yang saling terhubung atau membayar orang lain untuk menautkan ke situs mereka. Hal ini biasa disebut backlink atau juga dengan teknik Personal Blog Network (PBN)

Setelah, teknik ini tersebar dan banyak digunakan oleh orang lain, Google melakukan update algoritma mereka untuk mendeteksi dan menghukum blog atau website yang menggunakan cara curang tersebut.

Algoritma Pencarian Google juga akan memberikan penilaian yang lebih besar untuk semua tautan (backlink) dari situs yang lebih lama dan penilaian yang lebih kecil kemungkinannya untuk situs yang masih baru hanya untuk memanipulasi hasil pencarian.

Faktor Penilaian Google

Belajar algoritma google mesin pencari
Google search

Ketika algoritma mesin pencari google berkembang dan diperbaharui banyak faktor baru ditambahkan ke sistem mereka untuk memisahkan situs yang berkualitas tinggi dengan situs yang hanya mencoba memanipulasi hasil pencarian pada halaman pencarian teratas.

Baca Juga : Kumpulan Algoritma Google Terbaru

Google sekarang sudah jauh lebih baik dalam menilai konten duplikat dan mengetahui situs mana yang menerbitkan konten asli terlebih dahulu, sehingga situs yang memiliki konten duplikat atau copy paste artikel orang lain dapat dikenakan sanksi dalam hasil pencarian.

Google juga melacak rasio klik-tayang untuk hasil pencarian, dengan lebih banyak klik pada situs kita, menjadi salah satu indikator penilaian tersendiri untuk hasil pencarian berkualitas tinggi.

Algoritma terbaru ialah, tampilan halaman situs yang harus responsive dan juga penilaian terhadap kecepatan dalam mengakses situs tersebut.

Jika kita membahas algoritma khususnya mesin pencari google, maka pembahasan ini mungkin tidak akan pernah selesai.

Karena setiap saat algoritma pencarian google sering berubah ubah dan sering juga ada penambahan algoritma.

Tujuan Algoritma Untuk Mesin Pencari

Tujuan dari algoritma mesin pencari adalah untuk menyajikan serangkaian hasil pencarian yang berkualitas tinggi dan relevan yang dapat memenuhi permintaan atau pertanyaan dari pengguna secepat mungkin dan dapat menyelesaikan masalah yang ada.

Sampai disini dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih