Bahaya install Aplikasi Android Sembarangan

Segala yang gratis itu memang enak. Siapa sih yang nggak suka ditraktir makan? Atau diberikan tiket nonton gratis? Bahkan kalau bisa kamu pasti ingin semua hal di dunia ini gratis.

Bicara soal gratisan, di Google Play Store banyak banget tuh aplikasi Android gratis terbaik yang bisa kamu nikmati. Tapi, jangan sembarangan download dan pake aplikasi gratisan loh, soalnya ada aplikasi-aplikasi yang berbahaya!

Bahaya Asal Download Aplikasi Gratisan

Beberapa aplikasi gratisan di Google Play Store memang ada yang benar-benar gratis, tapi disisipi iklan. Dan ada juga aplikasi gratisan yang menawarkan versi Pro untuk membuang iklannya. Keduanya berbahaya jika kamu asal pake aja.

1. Boros Kuota

Sudah tahu kan kalau iklan menyedot hampir 80 persen kuota internet di smartphone? Bukan hanya iklan saat browsing, iklan di aplikasi juga. Pasalnya iklan yang masuk ke dalam smartphone kita itu kan di-push oleh sistem lewat internet.

2. Boros Pulsa

Pulsa dan kuota sebenarnya berkaitan, karena kuota bisa dibeli pake pulsa. Tapi, apa jadinya kalau sudah beli kuota tapi pulsa kamu kesedot juga? Pasti kesel deh.

Beberapa aplikasi gratisan disisipi iklan yang menawarkan layanan VAS (Value-Added Service) dari operator berupa iklan banner. Saat iklan itu tanpa sengaja kepencet, maka kamu akan otomatis berlangganan konten SMS berbayar.

3. Rawan Serangan Malware

Siapa yang bisa menjamin iklan yang ditampilkan di aplikasi gratisan itu bebas malware? Pasalnya Google AdSense yang besar aja bisa disisipi malware berbahaya yang bisa mencuri data perbankan milikmu. Apalagi aplikasi gratisan yang mengandalakan semua platform iklan untuk dapatkan penghasilan.

4. Risiko Pengumpulan Data

Beberapa aplikasi gratis di Google Play Store menyediakan Privacy Policy di aplikasinya, seperti Google Maps yang minta akses lokasi. Nah, kalau yang tidak memiliki Privacy Policy, wajib kamu waspadai nih.

Beberapa aplikasi gratisan meminta permission saat diinstal, jangan asal disetujui. Pasalnya, kamu nggak tahu kan data kamu dikumpulkan untuk apa? Siapa tahu data smartphonemu dijual ke pihak lain?

Makanya, cari aplikasi gratisan yang tidak disisipi iklan, atau yang memang terjamin aman dari iklan jebakan ya! Kalaupun mau, kamu bisa dengan mudah menghilangkan iklan di aplikasi Android. Caranya, silakan baca artikel