Backup Data Xiaomi Yang Rusak Parah

Backup Data Xiaomi Yang Rusak Parah – Kali ini admin dari Indonesia Publisher akan membagikan pengalaman pribadi saat menyalin data penting yang ada pada smartphone Xiaomi yang sudah rusak parah karena jatuh saat mengendarai motor.

Untuk data penting yang admin selamatkan ialah semua catatan yang tersimpan di aplikasi pabrik milik xiaomi yaitu aplikasi Notes/Catatan.

Semua catatan penting milik admin ada di aplikasi tersebut, akan tetapi saat admin cek pada akun xiaomi cloud, catatan tersebut tidak tersimpan karena sinkronisasi pada hp tersebut dinonaktifkan.

Studi kasus kali ini admin menggunakan handphone Xiaomi Redmi 2 saat menyalin semua data penting pada handphone tersebut.

Untuk kondisi smartphone admin saat terjatuh dari motor bisa dibilang rusak parah, LCD Pecah, dan tidak bisa dinyalakan sama sekali.

Akan tetapi saat dihubungkan ke komputer menggunakan kabel USB, muncul notifikasi kalau android kita terhubung ke PC akan tetapi storage atau media penyimpanan tidak tampil ke komputer untuk mengakses sdcard atau external card.

Semua cara yang ada di internet sudah admin coba, akan tetapi hasilnya tetap tidak bisa mengakses data penting yang admin perlukan. Terus bagaimana cara agar bisa mengambil data penting pada smartphone yang sudah rusak parah?

Backup Data Xiaomi Yang Rusak Parah

Pastikan EMMC pada smartphone kalian tidak ikut rusak, karena emmc semua data yang ada pada smartphone disimpan dalam emmc. Yang harus kita lakukan ialah membackup semua data yang ada dalam emmc.

Saat admin mencari data penting di emmc pada smartphone xiaomi yang sudah rusak parah ada beberpa tahap yang dilakukan antara lain :

  • Mencari tools agar bisa menyalin semua data yang ada dalam emmc hanya menggunakan PC dan kabel usb yang tersambung ke smartphone tersebut.
  • Melakukan backup firmware dan userdata yang ada dalam smartphone tersebut.
  • Mencari tools agar bisa mengakses file .img hasil backup smartphone.
  • Mengekstrak hasil backup yang berupa file .img pada firmware dan userdata untuk mencari tempat penyimpanan catatan penting yang ada pada aplikasi xiaomi notes.
  • mengakses data penyimpanan aplikasi pada hasil ekstrak firmware tersebut untuk mencari file .db untuk aplikasi xiaomi notes.
  • Memindahkan semua catatan penting yang ada pada file .db tersebut.

semua tahap tersebut admin lakukan selama 4 jam agar bisa mendapatkan data penting yang ada dalam smartphone tersebut.

Mungkin jika sudah ada tutorial yang ada dalam internet dengan studi kasus hampir sama dengan admin alami mungkin hanya membutuhkan waktu 1 jam saja untuk medapatkan data tersebut, akan tetapi admin tidak mempunyai referensi yang ada di internet untuk memecahkan masalah tersebut.

Backup Data Xiaomi Yang Rusak Parah

Sebelum melakukan backup silahkan download semua tools yang akan digunakan saat menyalin semua data yang ada pada smartphone

  • Emmc Dongle v1.3 (Tool ini digunakan untuk backup semua data EMMC)
  • Ext2Explorer (Tool ini digunakan untuk mengekstrak file .img)
  • Sqlite (Opsional – Tool ini saya gunakan melihat data file .db)

Jika semua tools sudah tersedia, pastikan saat menggunakan tools EMMC Dongle nonaktifkan terlebih dahulu anti virus yang anda gunakan.

Berikut ini tutorial cara backup menggunakan EMMC Dongle.

  1. Koneksikan Smartphone pada PC atau Laptop.
  2. Silahkan Buka Aplikasi EMMC Dongle,
  3. Pilih menu Identity untuk mengecek jika smartphone sudah terhubung.
  4. Pilih menu scan untuk melakukan scanning pada emmc smartphone.
  5. Pilih Tab Qualcomm, Hilangkan centang pada Clean Userdata (untuk menyalin semua data yang ada pada smartphone).
  6. Silahkan klik menu READ FIRMWARE untuk melakukan process backup.
  7. Tentukan lokasi penyimpanan hasil backup.
  8. Silahkan tunggu semua proses backup sampai dengan selesai.
Backup Data Xiaomi Yang Rusak Parah
Emmc Dongle

Pada gambar diatas ialah proses melakukan backup pada smartphone, Setelah semua proses backup selesai silahkan ke lokasi hasil backup yang telah anda tentukan sebelumnya.

Semua hasil backup berupa file .img dan untuk melihat semua file hasil backup tersebut, silahkan gunakan aplikasi Ext2Explorer.

Backup Data Xiaomi yang rusak parah
Ext2 Explorer

Gambar diatas merupakan semua data yang ada pada smartphone yang sudah rusak parah.

Pada proses ini mungkin sudah dapat menyelamatkan semua data yang ada pada smartphone. Akan tetapi admin hanya menyalin data yang ada pada aplikasi Notes xiaomi, Karena semua catatan penting ada pada aplikasi tersebut.

Berikut ini cara menyelamatkan Notes/Catatan pada smartphone yang sudah rusak parah

  • Silahkan cari file userdata.img hasil backup dari aplikasi EMMC Dongle tadi.
  • Silahkan buka file userdata.img menggunakan ext2explorer
  • Silahkan masuk ke folder /data/com.miui.notes/databases/
  • Silahkan salin file notes.db (semua catatan disimpan disini)
  • Silahkan buka file notes.db menggunakan aplikasi sqlite
  • Silahkan salin semua catatan penting ke media lain.
Backup data xiaomi
Aplikasi Sqlite

Gambar diatas merupakan hasil penyimpanan aplikasi notes milik xiaomi, Semua catatan penting yang ada pada smartphone xiaomi admin dapatkan kembali setelah melakukan semua proses yang ada.

Untuk semua tools yang digunakan dapat anda download melalui link dibawah ini.

Mungkin Sampai disini dulu artikel kami tentang “Cara Backup Data Xiaomi di Smartphone Yang Rusak Parah” Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share, atau tinggalkan komentar dibawah.