Anti Virus Kaspersky Siap Luncurkan Sistem Operasi yang aman

Makin maraknya serangan ke berbagai perangkat yang terhubung ke Internet membuat salah satu produsen aplikasi keamanan ternama dunia, Kaspersky, mengumumkan inisiatif baru mereka. Inisiatif untuk menanani serangan tersebut hadir dalam sebuah sistem operasi baru. Pihak Kaspersky menyebut sistem operasi itu sebagai KasperskyOS (KOS).

OS “Baru”

Kaspersky, melalui pernyataan resmi dari pendiri mereka, Eugene, menyebutkan bahwa OS mereka ini bukan merupakan suatu distribusi Linux. Hal itu disebabkan karena Kaspersky memang menggarap OS ini dari nol, mengerjakan baris-demi-baris kodenya. OS ini sendiri disebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan yang ada sesuai dengan perangkat di mana pengguna akan menggunakannya.

KOS ini disebut menawarkan keamanan tingkat tinggi karena Kaspersky mendesain OS ini untuk membagi objek-objek di dalamnya ke dalam banyak entitas terpisah. Hal ini memungkinkan isolasi gangguan karena satu entitas dengan entitas lain akan sangat dibatasi interaksinya. Mereka juga bisa menambahkan berbagai opsi keamanan ekstra sesuai kebutuhan pengguna.

Hadir untuk IoT

Perangkat IoT tampaknya menjadi fokus utama dari OS baru besutan Kaspersky ini. Mereka yakin, kebutuhan akan keamanan yang makin meningkat belakangan ini akan menjadi pendorong utama adopsi OS ini. Kaspersky sendiri menyebutkan bahwa OS ini akan ditawarkan ke peminat dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan keamanan masing-masing pengguna, untuk masing-masing perangkat.

Hanya ingin berbagi informasi yang bermanfaat melalui sebuah tulisan di blog yang sederhana ini.